loading...
Nyatanya kehadiran CR7, panggilan akrab Cristiano Ronaldo ke Juventus, tidak lepas dari peran Maurizio Arrivabene. T ea m p rin c ipal Scuderia Ferrari tersebut ternyata memiliki posisi yang tidak kalah penting di Juventus. Dia merupakan administrator dan direktur Juventus. Posisinya hanya berbeda tipis dengan Pavel Nedved (wakil presiden), Giuseppe Marotta (CEO) dan Aldo Mazzia (CFO).
Posisinya di Juventus justru lebih dulu diraih ketimbang di Ferrari. Sergio Marchionne, CEO Fiat Chrysler Automobiles (FCA), memilihnya karena terkesima dengan sepak terjang Arrivabene di Juventus yang tidak hanya bisa menata Juventus, juga menjembatani Juventus dengan lembaga pemerintahan di Italia.
Nah, kehadiran Cristiano Ronaldo ke Juventus juga tidak lepas dari pengaruh Arrivabene. Football Italia mengatakan gaji Ronaldo di Juventus tidak serta-merta ditanggung sendirian oleh Juventus. Mereka melaporkan bahwa nantinya Ferrari akan membantu Juve untuk menggaji Ronaldo. Sementara itu, sebagai gantinya, Ronaldo akan dijadikan sebagai salah satu brand ambassador Ferrari.
Dengan nama besar dan prestasi yang dimiliki Ronaldo, Ferrari pun sudah menyiapkan sejumlah perencanaan bisnis dan kerja sama yang akan mereka jalin. Perusahaan Ferrari sendiri sebenarnya merupakan bagian dari grup pemilik Juventus bersama dengan keluarga Agnelli.
Karena itu, pihak Ferrari yang diwakili oleh Arrivabene bersedia membantu mewujudkan transfer Ronaldo guna semakin memperbesar pengaruh mereka di dunia bisnis. Masalahnya tidak semua karyawan Ferrari bahagia dengan keputusan tersebut. Namun, tidak dengan karyawan perusahaan mobil ini. Jadi, begitu ada kabar Ferrari akan menggelontorkan hampir 20-30 juta euro untuk gaji Ronaldo, karyawan Fiat pun marah. Mereka protes karena uang sebesar itu bisa untuk menaikkan gaji karyawan.
“Setelah Higuain, sekarang Cristiano Ronaldo juga? Memalukan. Pekerja Fiat sudah tidak naik gaji selama 10 tahun. Gaji Cristiano akan memberikan kenaikan sebesar 200 euro untuk semua pekerja. Dan FCA (Fiat Chrysler Automobiles) menghabiskan 126 juta euro untuk sponsor selama setahun, 26,5 juta di antaranya untuk Juventus,” keluh Gerardo Giannone, seorang operator yang sudah bekerja 18 tahun di unit produksi mobil di Pomigliano D’Arco tersebut.
Sebenarnya Arrivabene tengah melakukan bisnis yang akan diambil buahnya pada masa mendatang. Dia sudah melihat jika CR7 merupakan figur yang sangat berpengaruh di dunia bisnis.
Majalah Forbes malah menempatkan CR7 sebagai brand dan sosok yang paling berpengaruh di dunia olahraga. Jika dimanfaatkan sebagai brand ambassador, bukan tidak mungkin Ferrari akan mendapatkan konsumen-konsumen baru yang memang menjadi penggemar loyal CR7. Jadi, langkah yang dipilih Arrivabene memang benar-benar murni bisnis.
(don)
No comments:
Post a Comment